MENU

Super Administrator

13 April 2022

296 Kali Dilihat

Semata, semalam bersama Walikota

Semata, semalam bersama Walikota

Penduduk miskin merupakan masalah yang ada disetiap Kota-kota besar, tak terkecuali Kota Padang sebagai ibukota Propinsi Sumatera Barat. Berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan Kota Padang tahun 2021 sebesar 4,94% atau sekitar 48.440 jiwa. Kemiskinan menyebabkan masyarakat tidak mampu kebutuhan pokoknya seperti pemenuhan akan pangan, sandang dan papan.

Pemerintah tidak tinggal diam dalam menyelesaikan masalah ini. Beberapa program pengentasan kemiskinan diluncurkan, baik yang bersumber dari APBN, APBD dan CSR. Program tersebut menyasar untuk pemenuhan kebutuhan pokok seperti Program PKH dan Sembako, pemenuhan kebutuhan pendidikan melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP), pemenuhan kebutuhan Kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan pemenuhan kebutuhan papan melalui program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu)

Untuk pemenuhan salah satu kebutuhan pokok tersebut yaitu pemenuhan kebutuhan papan, pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan Baznas Kota Padang, meluncurkan program SEMATA (semalam bersama Walikota). Program ini bertujuan untuk memperbaiki rumah keluarga kurang mampu yang tidak layak huni.

Melalui program ini, keluarga kurang mampu akan diundang kerumah dinas Walikota Padang dan akan menginap selama satu malam. Proses dimulai pada sore hari. Keluarga akan dijemput dan diundang untuk melaksanakan berbuka dan sahur bersama walikota.

Sementara itu, rumah keluarga tersebut akan dibedah oleh Tim Baznas. Tahun ini Pemko Padang yang bekerjasama dengan Baznas Kota Padang akan membedah 33 unit rumah keluarga kurang mampu yang tersebar pada 11 kecamatan di Kota Padang.

Proses pemilihan keluarga penerima manfaat, dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari pemerintah kelurahan dan Kecamatan, Dinas Sosial dan Baznas. Setiap kecamatan berhak mengusulkan 3 KK untuk dilaksanakan bedah rumah. Nama-nama yang sudah diajukan akan diverifikasi oleh tim kelapangan untuk memastikan kelayakan dan pemenuhan syarat sebagai penerima manfaat. Dari 3 KK tersebut, 1 KK akan dilaksanakan dengan program semata di bulan Ramadhan, sisanya 2 KK lagi akan dilaksanakan setelah bulan Ramadhan.

Sampai tanggal 11 April 2022 telah dilaksanakan sebanyak pada 3 keluarga penerima manfaat di 3 kecamatan, sisanya akan dilaksanakan dalam 2 minggu kedepan. Sebelum lebaran semua keluarga ini dijadwalkan telah selesai melaksanakan program semata.

#dinassosialkotapadang#

#bidangfm#