MENU

Super Administrator

23 November 2023

138 Kali Dilihat

Giat Bimtek Penguatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Di Kecamatan Nanggalo Tahun 2023.

Giat Bimtek Penguatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Di Kecamatan Nanggalo Tahun 2023.
Dinsos- Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Nanggalo berlokasi di Aula pertemuan Kantor Camat Nanggalo, Rabu, 22/11/2023.
Hadir sebagai Narasumber Kepala Dinas Sosial Kota Padang (Ka-Dinsos) Heriza Syafani, S.STP, M.PA yang didampingi oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Nanggalo Abdi Putra Join, diikuti oleh peserta yang berasal dari 22 RT se Kelurahan Kampung Olo, LPM Kelurahan se Kecamatan Nanggalo, PSM Kelurahan, Ketua TP-PKK Kelurahan, serta TKSK Kecamatan Nanggalo.
Kehadiran Ka-Dinsos Heriza Syafani selaku Narasumber memberikan dukungan dan arahan yang sangat berharga dalam pelaksanaan penguatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan di Kecamatan Nanggalo,
Ka-Dinsos Kota Padang Heriza Syafani menjelaskan didalam materinya mengenai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 18 Tahun 2018 membahas tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) "Penguatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan di Kecamatan Nanggalo merupakan langkah positif untuk memajukan komunitas. Dalam proses ini, fokus pada pelatihan, pengembangan keterampilan, dan kolaborasi dapat meningkatkan efektivitas lembaga".
 
 
 
Kemudian Ka-Dinsos juga menjelaskan perihal Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin serta Keputusan Menteri Sosial Nomor 262/HUK/2022 tentang Kriteria Fakir Miskin yang masuk persyaratan kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
"Pendataan DTKS dimulai dari Kelurahan yang diawali (Musyawarah Kelurahan) MUSKEL yang dihadiri RT RW, PSM dan Lurah setempat, kemudian juga dengan cara usulan Kementrian Sosial melalui aplikasi Bantuan Sosial, dan pendaftaran mandiri melalui aplikasi cek Bansos yang di bantu PSM Kelurahan". Tukas Ka-Dinsos milenial tersebut.(Humas/Dinsos)