MENU

Super Administrator

19 Juli 2022

271 Kali Dilihat

Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan yang Ke - 75

Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan yang Ke - 75
Pahlawan Nasional,
"Dengan semangat perjuangan Bagindo Aziz Chan kita tingkatkan pemulihan ekonomi kearah yang lebih baik"
Setiap tanggal 19 juli merupakan sejarah yang tidak mungkin kita lupakan khususnya bagi masyarakat kota padang, karena pada tanggal tersebut 75 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa heroik yaitu gugurnya walikota padang ke-2 Bagindo Aziz Chan yang ditembak oleh serdadu belanda. Beliau gugur pada saat perjalanan menuju kota Bukittinggi tanggal 19 Juli 1947, yang dicegat pasukan Belanda di sekitar Simpang Kandih (simpang tinju saat ini). Jenazah beliau dibawa ke Bukittinggi dan dimakamkan di TMP Gulai Bancah
Semasa hidupnya Bagindo Aziz Chan berjuang mulai dari mahasiswa sampai ditunjuk menjadi Walikota Padang (15 Agustus 1946 s.d 19 Juli 1947), beliau adalah pamong masyarakat Kota Padang yang tidak kenal lelah, pemberani dan dekat dengan masyarakat serta pantang menyerah demi mempertahankan kehormatan bangsa dan negara dengan semboyan “LANGKAHI MAYAT SAYA DAHULU BARU BELANDA DAPAT MEMPERLUAS WILAYAH OPERASINYA”
Untuk mengenang peristiwa ini, Pemerintah Kota Padang selalu memperingatinya dengan melaksanakan upacara bendera pada tanggal 19 Juli. Pasca pandemi covid, setelah 2 tahun upacara dilakukan secara daring, hari ini 19 Juli 2023 peringatan yang ke 75 kembali dilaksanakan di lapangan Balai Kota Padang di Air Pacah, disamping itu juga dilaksanakan secara daring.
Pada saat ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan bagi pilar pilar sosial, penyaluran bantuan kemandirian (alat bantu) bagi penyandang disabilitas, penyerahan administrasi kependudukan (KK, KTP) untuk penyandang disabilitas dan bantuan alat-alat pertanian.